Penyuluh Kehutanan Belajar Di Hutan Desa Lampo

Buletin, Ruang Hidup Rakyat, Walhi Sulawesi Tenggara

Puluhan Penyuluh Kehutanan se Provinsi Sulawesi Tengah mengunjungi hutan Desa Lampo di Kecamatan Banawa Tengah, Kabupaten Dongala, Kamis (27/10).

Manajer Informasi dan Kampanye Yayasan Merah Putih, Kiki Amelia dalam siaran persnya diterima Antara, Jumat mengatakan kunjungan tersebut merupakan bagian dari kegiatan pelatihan bagi penyuluh kehutanan yang dilaksanakan oleh Pusat Penyuluhan (Pusluh) Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK).

Selain itu, kunjungan dilakukan untuk melihat langsung lokasi perhutanan sosial serta untuk berbagi pengalaman dengan masyarakat Desa Lampo, dalam mengusulkan skema hutan desa.

“Kegiatan ini untuk mengenalkan dan memberikan pengetahuan bagi penyuluh, dalam melaksanakan fasilitasi skema perhutanan sosial ke depannya, antara lain hutan desa (HD) dan hutan kemasyarakatan (HKm),” kata perwakilan Pusat penyuluhan, Anton Suhartono.

Menurut Anton, penyuluh kehutanan merupakan garda terdepan bagi Dinas Kehutanan, sebagai pendamping kelompok tani hutan/masyarakat, dalam pelaksanaan kegiatan pembangunan kehutanan di daerah. Sehingga penyuluh diharapkan dapat memberikan kontribusi dalam mendukung percepatan perhutanan sosial di Sulawesi Tengah.

Dalam kunjungan itu, para penyuluh juga melakukan diskusi dengan pengurus Lembaga Pengelola Hutan Desa (LPHD) Lampo, terkait inisiatif dan proses pengusulan hutan desa oleh masyarakat.

Mereka juga turut melihat langsung areal penanaman pohon yang menjadi lokasi rehabilitasi hutan dengan tanaman durian, nantu, palapi dan mahoni.

“Kami berharap melalui kunjungan ini, ke depannya bisa banyak berkomunikasi dan belajar dari teman-teman penyuluh, terutama dalam mengelola dan mengembangkan potensi yang ada di hutan desa kami,” kata ketua LPHD Lampo, Ruspan.

LPHD Lampo juga menunjukan areal Agroforestri dan lokasi air terjun yang ada di kawasan hutan desa.

Sementara itu, Kepala Desa Lampo Tasnudin memberikan apresiasi dan ucapan terimakasih kepada Dinas Kehutanan Sulteng yang telah memfasilitasi kunjungan para penyuluh ke desanya.

Leave a Reply